Saturday, August 1, 2015

[Tutorial] Cara Flash Stock ROM atau Original Firmware Indonesia LG Optimus L1 II E410

[Tutorial] Cara Flash Stock ROM Atau Original Firmware Indonesia LG Optimus L1 II E410.


Melakukan flash atau flashing pada handphone Android sama halnya dengan proses install ulang pada perangkat komputer atau PC, sehingga dengan melakukan flashing anda akan mendapatkan performa awal seperti halnya baru saja keluar dari pabrik. Jadi flash LG Optimus L1 II E410 ini dapat anda lakukan jika LG Optimus L1 II E410 sudah tidak merespon dan tidak bisa nyala, atau istilah lain adalah bootloop. atau mungkin dengan keadaan tertentu yang memungkinkan anda untuk melakukan flash tersebut.

Produk LG kali ini adalah OPTIMUS L1 II E410, merupakan smartphone dengan layar LCD 3,5 inci Produk cantik dari salah satu produsen telekomunikasi dan elektronik terkenal asal Korea yaitu LG. LG Optimus L1 II E410 hadir dengan prosesor Dual-Core 1Ghz, Cortex-A5 buatan qualcom yang dikombinasikan dengan RAM 512 MB serta dengan dukungan kamera utama 2 MP, OPTIMUS L1 II E410 adalah smartphone dengan layar LCD 3,50 inci 240 x 320, Secara default samartphone ini dibesut dibawah sistem operasi android Jelly Bean 4.1.2.
Flash Stock ROM LG Optimus L1 II E410
Flash Stock ROM LG Optimus L1 II E410

Spesifikasi LG Optimus L1 II E410.










  • TFT Cafacitive Touchscreen
  • Resolusi 240 x 320 pixels, 16 jt Warna
  • Dimensi: 102.9 x 59.2 x 12.2mm
  • Jenis Simcard; GSM,GSM
  • Jaringan GPRS,EDGE,3G
  • HSPA 5.76Mbps
  • OS Android v4.1.2 Jellybean
  • Ram 512MB
  • CPU : Dual-Core 1Ghz,Cortex-A5
  • GPU : Adreno 200
  • Kelebihan LG Optimus L1 II E410

    1. Jaringan Cepat 2G,3G,HSPA. Anda akan meraskan penglaman luarbiasa saat anda menjelajahi dunia internet dengan jaringan 3G dan berkecepatan full HSPA untuk menjamin kenyaman anda dalam menjelajahi dunia internet, dan streaming video.
    2. Processor DuadCore 1Ghz,Cortex-A5. Dengan processor QuadCore 1Ghz,Cortex-A9 serta dipadu dengan RAM 512MB, anda akan merasakan pengalaman baru saat anda menjelahi dunia internet, streaming video, multitasking dan menjalankan game berat sekalipun tanpa adanya hambatan.
    3. Memiliki Kamera 2 Mega Pixels
    4. Dilengkapi dengan fitur Wifi, GPS an Bluetooth 3.0
    5. Sistem operasi tertanam yaitu Android OS v4.1.2 Jellybean, dimana biasanya terdapat pada ponsel 2 juaan

    Kekurangan LG Optimus L1 II E410

    1. Kamera. Ponsel ini tidak cocok untuk kegiatan selfie karena ponsel ini tidak dibekali dengan kamera depan.
    2. layar. layar belum dilapisi Corning Gorillass Glass, sehingga ponsel sering mengalami distorsi warna pada sudut padang miring dan tipis, selain itu layar juga mudah tergores
    3. RAM. Ponsel ini tidak cocok untuk bermain game berat dan melakukan kegiatan multitasking karena kapasitas RAMnya yang kecil.

    Persiapan Proses Flash LG Optimus L1 II E410

    Kendala khusus dalam menangani handphone ini adalah belum adanya sistem recovery mode dan ukuran ROM yang lumayan besar untuk develop ROM HP ini. nah, berikut ini adalah persiapan yang perlu anda perhatikan agar dproses dapat berjalan lancar.
    1. Download LG USB Mobile Driver. USB driver ini berfungsi untuk mengkoneksikan handphone anda dengan Desktop Computer atau Laptop yang akan anda gunakan untuk membantu proses flash. Link Untuk Windows. dan  Link Untuk Mac OS
    2. Anda harus menginstall LG PC Suite, dimana hal ini adalah wajib hukumnya untuk anda lakukan. Jika anda belum memiliki LG PC Suite silahkan download melalui link ini. Fungsi dari LG PC Suite adalah untuk menghubungkan Handphone anda dengan KDZ Updater.

    3. Petunjuk download : Setelah anda membuka link, Pilih Sub Category: Smartphone dan pilih model number: E410
    4. Download KDZ Updater, saya yakin anda sudah tahu apa fungsi KDZ Updater, iya... KDZ Updater berfungsi untuk melakukan flash pada handphone anda.
    5. Download Original Firmware atau bisa juga disebut dengan Stock Rom, Stock ROM IndonesiaStock ROM V10 DStock ROM Negara Lainya

    Langkah Proses Flash LG Optimus L1 II E410

    Kita sekarang sudah mengumpulkan semua perlatan perang yang akan kita bawa ke medan laga, yaitu proses flash LG Optimus L1 II E410, langkahnya adalah sebagai berikut ;
    1. Install USB Mobile Driver
    2. Intsall LG PC Suite
    3. Extract file KDZ Updater, karena ini adalah aplikasi portable maka anda tidak perlu menginstall cukup double click saja , maka akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini:
      Flash Stock ROM LG Optimus L1 II E410
      Flash Stock ROM LG Optimus L1 II E410

    4. Power OFF atau matikan gadget anda.
    5. Tekan dan tahan tombol Volume Down sambil colokin Handphone ke PC/ Laptop sampai Gadget masuk ke screen Download Mode, anda tidak usah mencabut batere, sim card, karena proses flash ini tidak mempengaruhi isi dari SIM Card maupun SD Card. sehingga muncul gambar sepeti ini :
      Flash Stock ROM LG Optimus L1 II E410
      Flash Stock ROM LG Optimus L1 II E410
    6. Selain menggunakan download mode, anda juga bisa melakukan flashing lewat Emergency atau Fastboot mode.
    7. Kembali ke KDZ Updater, sekarang anda atur dulu settingan : Type ke 3GQCT ->Phonemode ke DIAG. -> kemudian klik Logo folder di menu KDZ File dan cari file berekstensi .kdz yang udah anda download tadi, contoh yang saya gunakan adalah firmware V10C_00.kdz yang merupakan firmware untuk Indonesia.
      • Flash Stock ROM LG Optimus L1 II E410
        Flash Stock ROM LG Optimus L1 II E410
    8. Langkah berikutnya adalah klik Launch Software Update.
    9. Umumnya butuh waktu 10-15 menit hingga file KDZ selesai di unpack, tampilan aplikasi KDZ Updaternya akan tetap diam seperti not responding (lihat gambar diatasnya) dan anda tidak perlu mengotak-atik, karena proses masih berjalan.
    10. Anda dapat meninggalkan tempat pada posisi ini, setelah selesai proses unpack KDZ Updater akan berjalan normal lagi seperti tampilan berikut ini:
      Flash Stock ROM LG Optimus L1 II E410
      Flash Stock ROM LG Optimus L1 II E410
    11. Pada proses ini juga memakan waktu yang cukup lama, anda dapat melanjutkan pekerjaan lainya sambil menunggu proses ini. kalau proses sudah selesai, anda akan menemui tampilan KDZ Updater seperti pada gambar dibawah ini, dan handphone akan melakukan restart atau reboot sendiri secara otomatis
      Flash Stock ROM LG Optimus L1 II E410
      Flash Stock ROM LG Optimus L1 II E410
    12. Silahkan anda Exit dari aplikasi KDZ Updater, karena proses Flashing/ Install ulang sudah selesai dan anda tinggal nunggu first booting, hingga handphone anda siap digunkan pada tampilan homescreen.
    13. Selesai
    Demikian tutorial singkat, Cara Flash Stock ROM atau Original Firmware Indonesia LG Optimus L1 II E410 . 

    2 comments:

    1. mas kalau dah hard brick masih bisa sembuh ga?, posisi hp mati pas di cas ga ada indikator batre sedan di cas..., terimakasih

      ReplyDelete
    2. makasih min, infonya sangat membantu ane
      alat pemisah lcd

      ReplyDelete