Saturday, August 1, 2015

Cara Root Android Lenovo A319

Cara Root Android Lenovo A319

Lenovo A319. flashtooldownload kali ini akan menshare tutorial cara melakukan root pada Android yaitu dengan melakukan root pada Lenovo A319. Sekedar informasi saja bahwa jika anda melakukan root maka anda akan bertindak selaku superuser, sehingga anda dapat melakukan beberapa hal yang belum bisa dilakukan saat belum dalam keadaan root. Lenovo A319 Device ini merupakan smartphone dengan layar LCD 4 inci bekerja pada sistem Android OS, v4.4.2 (KitKat), dan prosesor Mediatek MT6572 Dual-core 1.3 GHz, GPU Mali-400MP dan chipset dari Qualcomm Snapdragon sebagai mesinya, serta dikombinasikan dengan RAM 512 MB, serta kamera 5 MP.
Root Lenovo A319
Root Lenovo A319

Dengan melakukan rooting pada perangkat android maka anda telah membuat Sistem Operasi Android Anda mempunyai hak akses root. Root merupakan suatu user yang mempunyai izin atau permisi untuk melakukan manipulasi file yang lebih banyak dan bebas daripada user biasa. Jika Anda pernah menggunakan sistem operasi komputer berbasis linux tentunya Anda pasti akan menemui satu user root (super user) yang bertindak sebagai ‘Administrator’ dari sistem tersebut.


Pada Setting default, Sistem Operasi Android yang ada di smartphone pada umumnya tidak mempunyai user sebagai root, karena vendor-vendor smartphone memang tidak menyarankan untuk melakukan rooting pada produk smartphone. Adapun keuntunganya adalah sebagai berikut ;
  1. Bisa menghapus aplikasi yang di-install di memori internal.
  2. Bisa menggunakan sistem operasi yang dapat dikustomisasi. (Flash Custom ROM)
  3. Bisa mengubah konfigurasi manual hardware pada smartphone Android Anda.
  4. Lebih fleksibel dan leluasa dalam pengaturan penyimpanan data di memori. (dengan melakukan UnInstall Built In Aplikasi).

Persiapan Root Lenovo A319.

  • Walaupun melakukan proses root tidak menghapus data yang tersimpan pada memori internal tetapi saya sarankan anda untuk melakukan backup data Anda terlebih dahulu sebelum melanjutkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Usahakan baterei terisi sumber daya yang cukup dalam melakukan proses root, minimal anda dapt menyiapkan kira-kirda 70% sumber daya yang tersimpan pada baterei.

Langkah Root Lenovo A319.

Perhatikan step langkah berikut untuk emalkukan root pada Lenovo A319
    1. Sebagai langkah awal, silahkan download file berikut. BUSSYBOX, SUPERSU,
    2. Sambungkan perangkat Lenovo A319 tersebut ke PC atau komputer menggunakan Kabel USB.

    3. Kemudian copy semua file yang telah anda download tadi ke dalam SD Card
    4. Cukup anda copy saja, tidak perlu di extract
    5. Kemudian boot Lenovo A319 anda ke dalam Recovery Mode. Caranya adalah dengan menekan kombinasi tombol Power Button + Volumeup + Volume down. Pilih Recovery Mode
    6. Kemudian pilih Install From SD Card.
    7. Set ke dalam Recovery BussyBox
    8. Kemudian reboot perangkat anda, tunggu sampai siap digunakan
    9. Untuk memverifikasi gunakan SuperSU yang sudah anda download tadi

    Perhatian... !!! Do With Your Own Risk
    hati-hati dalam bereksperimen, Root dapat menghilangkan Garansi pada Ponsel anda

1 comment: