Sunday, August 2, 2015

Acer Liquid Z4, Trik Menambah extra Loudspeaker

Acer Liquid Z4, Trik Menambah extra Loudspeaker.

Secara umum anda yang memiliki Acer Liquid Z4 atau Acer Z160 pasti sudah merasakan bagaimana performance dari speaker yang dihasilkan oleh Acer Liquid Z4, kenyataan yang ada Speaker menghasilkan suara yang kurang kuat alias tidak kencang, sehingga anda tidak merasa puas saat berkomunikasi menggunakan Speaker yang terdapat pada Acer Liquid Z4 atau Z160.

Buzzer adalah merupakan istilah lain dari Speaker yang terdapat dalam perangkat Handphone, Komponen penghasil ringtone atau alat speaker yang mengubah sinyal nada dering menjadi getaran udara yang terdengar sebagai suara melodi atau musik. Nada dering ini berasal dari MMA pada CPU yang diambil dari RAM.

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai Speaker (Pengeras Suara) pada Acer Liquid Z4 atau Z160 , Ulasan secara teori, sebaiknya kita mengetahui bagaimana suara dapat dihasilkan. Yang dimaksud dengan “Suara” sebenarnya adalah Frekuensi yang dapat didengar oleh Telinga Manusia yaitu Frekuensi yang berkisar di antara 20Hz – 20.000Hz. Timbulnya suara dikarenakan adanya fluktuasi tekanan udara yang disebabkan oleh gerakan atau getaran suatu obyek tertentu. Ketika Obyek tersebut bergerak atau bergetar, Obyek tersebut akan mengirimkan Energi Kinetik untuk partikel udara disekitarnya. Hal ini dapat di-anologi-kan seperti terjadinya gelombang pada air. Sedangkan yang dimaksud dengan Frekuensi adalah jumlah getaran yang terjadi dalam kurun waktu satu detik. Frekuensi dipengaruhi oleh kecepatan getaran pada obyek yang menimbulkan suara, semakin cepat getarannya makin tinggi pula frekuensinya.

Kemampuan sebuah speaker untuk menghasilkan suara yang keras dan enak didengar adalah sebuah nilai tersendiri dalam sebuah produk sound system, terlebih pada speaker yang terintegrasi langsung pada sebuah produk smartphone atau telepon selular, karena pada bagian ini speaker memang bukanlah prioritas utama dalam mendukung kinerja peralatan tersebut, tetapi speaker juga akan memberikan nilai negatif pada sebuah produk jika suara yang dihasilkan tidak atau kurang memuaskan, pastinya anda sendiri juga akan memberikan rating rendah pada perangkat speaker tersebut, terutama pada perangkat speaker yang tertanam pada Handphone Acer Liquid Z4 atau Z160.

Nah,,, Ternyata Kualitas dari sebuah speaker sangat berpengaruh pada performance sebuah Handphone juga to ? permasalahan yang muncul adalah bagaimana jika anda saat itu sedang berkomunikasi di tempat yang agak ramai ? pasti anda akan merasa terganggu dengan performance Speaker Acer Liquid Z4 yang kurang Ok, tapi tenang saja berikut ada sedikit solusi yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kwalitas Speaker Acer Liquid Z4.
menambah loudspeaker acer liquid z4
menambah loudspeaker acer liquid z4

Ikuti petunjuk dalam tutorial yang saya buat sederhana ini.
  1. Anda dapat masuk ke engineering mode pada Acer Liquid Z4 dengan dial *#*#3646633#*#*, 
  2. Otomatis perintah tersebut akan membawa anda ke layar engineering mode
  3. Geser layar Acer Liquid Z4 ke tab Hardware Testing
  4. Pada bagian Hardware Testing terdapat menu, lalu anda masuk ke Audio
  5. Silahkan anda pilih Loudspeaker Mode
  6. Input angka pada bagian Max. Vol (saran saya, masukkin nilai antara 145-150, jangan melebihi 160, masalahnya, suara dari Speaker yang dihasilkan oleh Acer Liquid Z4 menjadi pecah). Lalu tap Set.
  7. Kemudian anda tap Back, lalu pilih Heatset_Loudspeaker Mode
  8. Selanjutnya input Max. Speaker ke angka yang sama dengan yg sebelumnya, lalu tap Set.
  9. Sekarang coba anda perhatikan suara yang dihasilkan oleh Speaker Acer Liquid Z4
Demikian tutorial Trik Menambah extra Loudspeaker pada acer Liquid Z4 atau acer z160. semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment