Saturday, August 1, 2015

Cara Hard Reset Android Lenovo S580

Cara Hard Reset Android Lenovo S580


Posting kali ini akan saya share artikel tentang guide bagaimana cara Hard Reset pada Lenovo S580. Perlu anda ketahui bahwa jika anda melakukan proses Hard Reset maka semua data penting yang tersimpan di dalam perangkat android tersebut akan hilang atau terhapus, Saran saya, lakukan backup secara berkala terhadap semua data yang penting, langkah ini masih dapat anda lakukan jika Smartphone masih dalam keadaan normal, beda cerita jika ini terjadi dalam keadaan Bootloop pada Lenovo S580. Device ini merupakan smartphone dengan layar LCD 5 inci bekerja pada sistem android 4.3 Jelly Bean, dan prosesor Quad-core dengan kemampuan kecepatan akses hingga 1.2 GHz dan chipset dari Qualcomm Snapdragon sebagai mesinya, serta dikombinasikan dengan RAM 1 GB, serta kamera 8 MP.
Hard Reset Android Lenovo S580
Hard Reset Android Lenovo S580

      Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi dan meRecovery jika terjadi masalah pada Lenovo S580 seperti hang/Not Responding/Malfungsi/Stuck/Freezing/brick

      Lenovo sudah memasukan beberapa aplikasi bawaan pabrik untuk membuat ponsel ini dapat bekerja dengan baik saat pertama kali digunakan. Lenovo S580 menggunakan Lenovo user interface versi 3.0. Kita dapat menambahkan aplikasi lain dari Google Play Store seperti Whatsapp, BBM, GARIS, Facebook, Path, Skype, Instagram dan masih banyak lagi. Tapi kita harus tahu bahwa beberapa aplikasi di Google Play Store juga tidak selalu kompatibel dengan Lenovo S580, aplikasi tersebut dapat membuat ponsel kita menjadi masalah seperti hang atau stuck atau brick atau beku atau rusak. Kadang ponsel ini selalu booting hanya pada logo Lenovo atau layar sentuh LCD tidak respon dengan sentuhan jari kita. Ketika ponsel ini mendapat maslah, maka kita harus memaksa soft reset atau shutdown atau reboot untuk membersihkan file-file temporari dan cache. Jika masalah ini masih terjadi maka kita harus melakukan hard reset atau format ulang. Biasakan untuk selalu melakukan backup yang diperlukan sebelum melakukan hard reset, karena semua data dan aplikasi yang terinstal akan terhapus setelah melakukan hard reset.

      Cara Memaksa Shutdown atau Memaksa Soft reset atau Reboot atau Restart Lenovo S580


      Ketika smartphone Lenovo S580 kita mendapatkan trouble ditengah-tengah menjalankan sebuah aplikasi, kadang-kadang dapat mengakibatkan hang atau stuck dimana hal ini membuat LCD Touch Screen menjadi tidak responsiv terhadap sentuhan jari kita. pada saat kejadian ini, kita harus melakukan shutdown/restrat secara paksa, untuk membersihkan cache dan file temprari. cara yang paling mudah yang dapat anda lakukan adalah dengan melepas batery dengan cara membuka casing bagian belakang, dan tunggu kira-kira 5 detik baru memasang kembali. Kemudian dapat kita nyalakan kembali dengan cara menekan tombol power yang terletak bagian dibelakang, karena posisi dari tombol power pada Lenovo S580 berada pada bagian belakang dibwah kamera utama.Melakukan soft reset adalah aman dan dapat anda lakukan kapan saja, karena pada prinsipnya melakukan soft reset hanya membuang file cache atau temporari pada sistem android saja, sedangkan semua data penting kita akan tersimpan dengan aman pada tempatnya.

      Cara lain melakukan soft reset adalah dengan cara menekan dan menahan tombol power beberapa detik hingga muncul Pop Up menu, setelah itu silahkan anda pilih Power Off/Reboot/Restart Menu.

      Langkah Hard Reset Lenovo S580.

      1. Matikan perangkat lenovo S580 anda, dengan cara menekan dan menahan tombol power beberapa detik.
        Hard Reset Android Lenovo S580
      2. Kemudian setelah Lenovo S580 mati, lanjutkan dengan menekan tombol Volume Up + Volume Down secara bersamaan.

        Hard Reset Android Lenovo S580
      3. Sementara memegang ke dua tombol tersebut, lanjutkan dengan menekan tombol Power untuk sementara waktu.
      4. Lepaskan semua tombol ketika muncul logo Android pada layar.
      5. Setelah itu anda dapat menekan tombol Home untuk masuk Recovery Mode.
        Hard Reset Android Lenovo S580
      6. Tekan tombol Volume Down untuk memilih "wipe data/factory reset".
      7. Kemudian pilih Tombol Menu untuk konfirmasi.
        Hard Reset Android Lenovo S580
      8. Lanjutkan dengan memilih "Yes--delete all user data". Gunakan Tombol Volume Down untuk memilih dan Tombol Menu untuk mengeksekusi perintah to select.
        Hard Reset Android Lenovo S580
        Hard Reset Android Lenovo S580
      9. Untuk melakukan restart pada Lenovo S580 silahkan pilih "Reboot System Now"
      10. Berhasil sukses, Anda telah melakukan hard reset pada Lenovo S580



      3 comments:

      1. Saya pernah mencobanya namun malah bootlop setelah di factory reset.

        ReplyDelete
      2. Saya pernah mencobanya namun malah bootlop setelah di factory reset.

        ReplyDelete