Saturday, August 1, 2015

Cara Mudah Flash Acer Liquid Z4 atau Liquid Z160

Cara Flash Acer Liquid Z4 atau Liquid Z160.

Flash Acer Liquid Z4. Proses flash atau flashing sama halnya dengan proses install ulang pada perangkat komputer atau PC, sehingga dengan melakukan flashing anda akan mendapatkan performa awal seperti halnya baru saja keluar dari pabrik. Jadi flash acer liquid ini dapat anda lakukan jika acer liquid sudah tidak merespon dan tidak bisa nyala, atau istilah lain adalah bootloop.

Cara Mudah Flash Acer Liquid Z4 atau Liquid Z160

    Sebelum kita lanjutkan tutorial ini alangkah baiknya jika anda pemula dalam hal flashing sebaiknya kita cari tahu terlebih dahulu apa itu flash android, Flashing adalah sebuah teknik dalam proses install ulang sistem operasi di perangkat android yang berguna untuk memperbaiki dan memperbarui software yang mengalami kerusakan/corupt, flashing ini biasanya dilakukan pada perangkat android yang sudah mengalami bootloop/restart berulang-ulang. tidak hanya itu, flashing juga bisa untuk upgrade ataupun downgrade sistem operasi android. biasanya flashing dilakukan karena berbagai macam penyebab seperti ponsel tidak normal lagi. Mungkin juga karena android sering terjadi error, lemot. kebanyakan rata-rata seperti kasus tersebut, android yang terjadi bootloop ketika dihidupkan cuma sampai logo saja, itu biasanya karena gagal install custom rom, salah modding, dll. Tutorial yang saya bagikan ini bersifat umum, jadi bisa anda diterapkan pada semua versi smartphone android.

    Ok,, jika anda sudah faham, mari kita lanjutkan. kali ini kita akan mencoba bagaimana cara melakukan flash pada Acer Liquid Z4.
    flash acer liquid z4
    Flash Acer Liquid Z4
    Jika anda punya masalah bootloop pada Acer Liqud Z4 atau Acer Z160 dan kebetulan acer Liquid Z4 tersebut belum terinstall recovery. Disini untuk recovery yang saya maksudkan adalah recovery cwm atau twrp. recovery CMW adalah adalah recovery mode yg sudah di kustomisasi sedemikian rupa pada perangkat Acer Liquid Z4 atau Z160 dengan berbagai fungsi tambahan di dalamnya seperti backup/restore, instalasi dan lain-lain yg tidak terdapat pada  recovery mode standar. Umumnya jika terjadi bootloop recovery bawaan dari Acer Liquid Z4 ini akan ikut hilang jika terjadi Bootloop. sedangkan recoery asli tidak dapat menolong saat terjadi hardbrick.

    Cara Flash Acer Liquid Z4 atau Liquid Z160 ini hanya dapat di lakukan Lewat PC atau laptop. masalahnya sangat tidak mungkin menggunakan smartphone acer kita ketika perangkat tersebut sedang error bootloop.


    Apa saja yang perlu anda sediakan

    1. SP Flash tool terbaru : Download

    2. Driver Acer liquid Z4 : Download

    3. Scatter Acer Z160 : Download 

    4. Recovery Twrp / Recovery CWM for acer Z4 Download

      Silahkan download semua bahan diatas yang diperlukan untuk melakukan flash pada Acer Liquid Z4, kemudian simpan dengan baik pada folder yang tersimpan pada komputer anda.

    Berikut ini adalah Step By Step dalam flash Acer Liqud Z4

    • Install terlebih dahulu driver acer Liquid Z4  yang sudah di download. Kemudian lepas casing, baterai, simcard dan sd card bila ada. 
    • Selanjutnya Sambungkan Acer Z4 ke Komputer  sambil menahan tombol power dan volume up. maka di pc akan mendeteksi hardware baru, abaikan saja. lepas kabel data dari pc.
    • Buka software SP flash tool dan klik scatter load. cari lokasi penyimpanan scatter acer z4 tadi.
    • Kemudian Pada file recovery harus di beri checklist. klik recovery dan pilih recovery yang di inginkan. apakah itu TWRP atau CWM.
    • Klik download
    • Koneksikan HH ke Pc lagi tanpa baterai simcard dan memory external atau kosongan.
    • Tunggu proses hingga selesai.
    • disconent HH dari Pc dan coba masuk recovery mode dengan menekan power + volume up. pilih recovery. selanjutnya install rom asli acer z4 ( link ada di akhir post ).  

    Download Firmware acer z4 terbaru


    itulah langkah-langkah untuk melakukan bootloop pada acer liquid z4

    5 comments:

    1. bang, install rom asli nya bgmana ya ?

      ReplyDelete
    2. maaf gan mau tanya, proses menghubungkan HH ke PC kok gak sukses2 ya, Driver Acer liquid Z4 sudah di instal dan langkahnya sudah di coba tp tetap gak ke detect juga port usb nya.
      adakah cara lain mas, terimakasih mohon di bantu

      ReplyDelete
    3. sama gan, ak juga ngalamin ga sukses konek z4 ke pc :-)

      ReplyDelete
    4. This comment has been removed by the author.

      ReplyDelete